Geser ke atas untuk baca artikel
Example 325x300
Example 120x600
Example 120x600
Headline

BI Layani Penukaran Uang di Kapal Ferry

×

BI Layani Penukaran Uang di Kapal Ferry

Sebarkan artikel ini

Indopostonline.id – Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung memperluas layanan kas keliling hingga ke Kapal Penyeberangan Bakauheni – Merak selama periode Ramadhan dan Idulfitri 2024.

Layanan ini diselenggarakan di kapal penyeberangan eksekutif Portlink pada Rabu 27 Maret 2024 sekira pukul 12.00 – 15.50 WIB sebagai bagian dari acara Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024.

Mobilitas Masyarakat

Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan menuturkan, mobilitas masyarakat dari Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya umumnya menggunakan moda transportasi kapal ferry, terutama selama bulan Ramadan dan Idulfitri.

“Oleh karena itu, kami menyediakan layanan kas keliling Bank Indonesia untuk penumpang kapal penyeberangan Bakauheni – Merak dan sebaliknya. Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. ASDP Indonesia Ferry atas dukungannya,” kata Junanto Herdiawan.

Selain layanan kas keliling, Bank Indonesia Provinsi Lampung juga melakukan sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan transaksi nontunai QRIS kepada penumpang kapal penyeberangan Portlink.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya merawat dan mengenali uang Rupiah serta memperluas pemahaman mengenai QRIS.

“Penting bagi kita untuk mengantisipasi penyebaran uang palsu. Kami berharap masyarakat dapat lebih mengenali, memahami, dan merawat uang Rupiah agar tidak mengalami kerugian,” kata dia.

Transaksi Non Tunai

Selain itu, transaksi nontunai dengan QRIS akan mempermudah aktivitas belanja dan silaturahmi, terutama dengan infrastruktur yang sudah sangat mendukung.

Selama SERAMBI 2024, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan menyediakan Rp4,3 triliun uang Rupiah layak edar untuk masyarakat Provinsi Lampung selama bulan Ramadan dan Idulfitri 2024.

Masyarakat Lampung dapat menukarkan uangnya ke loket penukaran uang di perbankan yang ada di Provinsi Lampung.

“Bank Indonesia Provinsi Lampung juga menyediakan layanan penukaran kas keliling di 8 titik pusat keramaian, termasuk pasar tradisional, rest area, dan kapal penyeberangan,” kata Junanto.

“Bagi yang ingin menukarkan uang Rupiah pada layanan kas keliling Bank Indonesia, masyarakat dapat melakukan registrasi pada laman www.pintar.go.id setidaknya 2 hari sebelum jadwal yang ditetapkan,” sambungnya.

Antusias Masyarakat

Sementara itu, Pengguna jasa penyeberangan kapal eksekutif Portlink pada Rabu (27/03) menunjukkan antusiasme dalam menikmati layanan kas keliling Bank Indonesia dan mengikuti kegiatan sosialisasi.

Lebih dari 100 penumpang menukarkan uangnya pada layanan kas keliling di kapal penyeberangan ini, dan sebagian besar dari mereka telah mendaftar di laman www.pintar.go.id.

“Kegiatan sosialisasi dan edukasi CBP Rupiah dan QRIS berlangsung sangat interaktif, di mana para penumpang juga mempraktikkan cara mengidentifikasi uang palsu serta berbagi pengalaman menggunakan QRIS dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Kepala KPw BI Lampung. (RDN)

Example 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *