Geser ke atas untuk baca artikel
Example 325x300
Example 120x600
Example 120x600
HeadlineRuwa Jurai

Penetapan Tersangka Pembakaran Kantor PPA TNBBS dan Kekhawatiran Konflik Manusia-Harimau

×

Penetapan Tersangka Pembakaran Kantor PPA TNBBS dan Kekhawatiran Konflik Manusia-Harimau

Sebarkan artikel ini

Alenia.id – Penetapan lima tersangka, yakni AF, S, T, B, dan M, dalam kasus pembakaran kantor Resort Suoh Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Lampung Barat.

Kepolisian menyatakan penetapan ini sebagai hasil dari serangkaian penyelidikan yang dilakukan.

Sementara itu, upaya pencarian harimau Sumatera yang telah menyerang tiga warga di Lampung Barat masih terus dilakukan hingga Sabtu (23/3/2024).

Kepala Bidang Humas Polda Lampung, Komisaris Besar (Kombes) Pol Umi Fadillah Astutik, mengungkapkan bahwa para tersangka, yang merupakan petani dari Kecamatan Suoh, telah ditahan di rumah tahanan Polres Lampung Barat.

Penetapan tersangka tersebut dilakukan setelah kelima pelaku menjalani pemeriksaan pada Sabtu (16/3).

Mereka dijerat dengan Pasal 187 atau Pasal 406 KUHPidana, dengan ancaman hukuman penjara selama 12 tahun.

Alasan dari para tersangka, seperti yang diungkapkan oleh Umi, adalah karena tindakan mereka dipicu oleh kepanikan atas serangan harimau Sumatera terhadap warga.

Namun, penyelidikan lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan motif sebenarnya di balik peristiwa pembakaran kantor PPA TNBBS.

Sebelumnya, serangan harimau Sumatera telah menelan korban jiwa dan melukai beberapa warga di Kecamatan Bandar Negeri Suoh.

Peristiwa tragis ini terjadi pada 8 Februari 2024, 22 Februari 2024, dan 11 Maret 2024.

Sebagai respons atas peristiwa tersebut, sejumlah warga melakukan pembakaran terhadap Kantor Balai Perlindungan dan Pelestarian Alam (PPA) Resort Suoh TNBBS.

Dengan demikian, kasus ini tidak hanya menggarisbawahi tindakan kriminal yang dilakukan oleh kelompok tersangka, tetapi juga menyoroti kekhawatiran yang muncul dalam konflik antara manusia dan satwa liar, khususnya harimau Sumatera, di daerah tersebut. (*)

Example 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *