Geser ke atas untuk baca artikel
Example 325x300
Example 120x600
Example 120x600
Ruwa Jurai

Pengawasan Ketat Proses Coklit Ditekankan Bawaslu Lampung

×

Pengawasan Ketat Proses Coklit Ditekankan Bawaslu Lampung

Sebarkan artikel ini

Alenia.id – Bawaslu Lampung tekankan pentingnya pengawasan ketat dalam proses coklit pemilihan 2024 untuk wujudkan daftar pemilih berkualitas.

Anggota Bawaslu Lampung, Qohar, menekankan pentingnya tahap pencocokan dan penelitian (Coklit) dalam pemilihan 2024.

Menurutnya, tahap ini sangat krusial karena dapat menentukan validitas daftar pemilih.

“Tahapan ini memastikan bahwa mereka yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih akan terdaftar dan memiliki hak pilih. Sebaliknya, mereka yang tidak memenuhi syarat, seperti yang sudah meninggal atau menjadi anggota TNI/Polri, akan dihapus dari daftar pemilih,” kata dia saat didata oleh petugas Pantarlih di kediamannya pada Jumat (28/6/2024).

“Dengan begitu, data pemilih menjadi valid dan dapat mencegah kecurangan, seperti penggelembungan suara atau pemilih fiktif,” jelas Qohar.

Qohar juga mengingatkan bahwa dalam proses pemutakhiran data pemilih ini terdapat sejumlah potensi pelanggaran yang dapat mempengaruhi kualitas hasil Pilkada.

Salah satu kerawanan adalah jika petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) tidak melakukan pendataan secara door to door.

“Seringkali Pantarlih merasa sudah mengenal lingkungan sekitarnya sehingga mengabaikan pendataan langsung. Padahal, pendataan langsung sangat penting untuk memastikan kevalidan data,” tambahnya.

Selain itu, Qohar menyoroti risiko pantarlih tidak menghapus pemilih yang tidak memenuhi syarat, seperti yang telah meninggal dunia, anggota TNI/Polri, atau yang pindah domisili.

Ia juga mengingatkan akan bahaya jika pantarlih melimpahkan tanggung jawab pendataan kepada orang lain.

“Hal-hal semacam ini perlu diwaspadai,” tegasnya.

Untuk mencegah potensi pelanggaran ini, Bawaslu telah mengirimkan surat imbauan kepada KPU agar setiap tahapan dilakukan sesuai dengan peraturan dan pedoman teknis yang ada.

“Bawaslu bersama seluruh jajaran pengawas adhoc akan terus mengawal dan mengawasi setiap prosesnya,” tutup Qohar. (*)

Example 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *