Geser ke atas untuk baca artikel
Example 325x300
Example 120x600
Example 120x600
Ruwa Jurai

Posko Pengaduan THR untuk Karyawan di Bandar Lampung

×

Posko Pengaduan THR untuk Karyawan di Bandar Lampung

Sebarkan artikel ini

Alenia.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung telah mengambil tindakan proaktif dengan membuka posko pengaduan bagi karyawan swasta yang menghadapi keterlambatan atau tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri Tahun 2024.

“Kami telah menginisiasi pembukaan posko pengaduan untuk membantu karyawan swasta yang belum menerima atau mengalami keterlambatan dalam pembayaran THR,” kata Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, dikutip Minggu (24/3/2024).

Eva Dwiana menegaskan pentingnya kewajiban perusahaan dalam memberikan THR sebelum Hari Raya.

“THR adalah hak yang harus diberikan oleh perusahaan kepada para pekerja atau buruh,” katanya.

Lebih lanjut, penyelesaian masalah THR bagi karyawan swasta akan melibatkan berbagai pihak, termasuk dewan pengupahan, Dinas Ketenagakerjaan, dan Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung.

Teknis pelaksanaan posko pengaduan THR akan ditangani oleh Dinas Ketenagakerjaan.

Namun, yang jelas, pembayaran THR harus dilakukan secara penuh dan tidak boleh melewati batas waktu 7 hari sebelum Hari Raya, sesuai dengan aturan yang tertera dalam SE Nomor M/2/HK.04/III/2024.

Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan, menegaskan komitmennya untuk segera menindaklanjuti perintah Walikota.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan terkait pembukaan posko pengaduan THR bagi karyawan atau buruh. Seperti biasa, posko tersebut akan berada di kantor Dinas Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Iwan Gunawan juga menekankan bahwa setiap karyawan atau buruh berhak untuk menerima THR sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dengan perusahaan tempatnya bekerja.

“THR harus diberikan kepada karyawan atau buruh yang telah bekerja selama 12 bulan atau lebih, dan besarnya harus setara dengan satu bulan gaji,” tandasnya.

Dengan begitu, Pemerintah Kota Bandar Lampung menunjukkan langkah proaktifnya dalam menangani isu THR bagi karyawan swasta, sehingga memastikan hak-hak pekerja terpenuhi sesuai dengan peraturan yang berlaku. (*)

Example 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *