Geser ke atas untuk baca artikel
Example 325x300
Example 120x600
Example 120x600
Headline

Presiden Jokowi Sebut Harga Minyak Makan Merah Terjangkau

×

Presiden Jokowi Sebut Harga Minyak Makan Merah Terjangkau

Sebarkan artikel ini

Alenia.id – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada Kamis (14/03/2024) pagi, meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah di Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan industri kelapa sawit nasional serta pemberdayaan petani, dengan tujuan meningkatkan nilai tambah dalam sektor tersebut.

Tonggak Pengembangan Industri

“Dengan membangun pabrik minyak makan merah ini, kami berharap dapat menciptakan nilai tambah di dalam negeri, terutama bagi petani kelapa sawit, khususnya yang tergabung dalam koperasi,” tutur Presiden.

“Ini akan menjaga stabilitas harga TBS [tandan buah segar] dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih merata,” ujar Presiden.

Presiden menekankan bahwa Indonesia memiliki luas kebun kelapa sawit mencapai 5,3 juta hektare, dimana 40,5 persennya, atau setara dengan 6,2 juta hektare dimiliki oleh petani sawit.

Produksi minyak makan merah diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk kelapa sawit domestik.

“Harga minyak makan merah ini lebih terjangkau dibandingkan minyak goreng yang beredar di pasaran. Ini membuktikan bahwa produk ini memiliki potensi untuk bersaing secara global,” tambahnya.

Mengandung Vit A dan E

Selain itu, Presiden juga menyoroti kandungan Vitamin A dan Vitamin E yang terjaga dalam minyak makan merah ini.

Menurutnya, hal ini tidak hanya membuat produk tersebut lebih sehat, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi kesehatan masyarakat.

“Ini sudah dicoba oleh beberapa chef dan mereka menyampaikan, ‘Pak, minyak makan merah ini beda, lebih enak, dan dicek gizinya lebih baik’,” ujar Presiden.

Dengan kapasitas produksi 10 ton CPO (crude palm oil) per hari, pabrik ini diharapkan dapat menghasilkan sekitar 7 ton minyak makan merah setiap harinya.

Dukung Produk Dalam Negeri

Presiden mengajak masyarakat untuk mendukung produk dalam negeri ini sebagai upaya untuk mempromosikan dan mengonsumsi produk-produk yang berkelanjutan.

“Saya mengajak semua yang hadir di sini untuk mencoba dan menggunakan produk ini. Saya sendiri juga akan mencoba. Dengan begitu, kita dapat memperkuat pemasaran produk dalam negeri,” tambahnya.

Presiden menegaskan bahwa pembukaan pabrik ini merupakan bagian dari strategi hilirisasi, yaitu proses peningkatan nilai tambah komoditas melalui pengolahan menjadi produk jadi.

“Mari kita tinggalkan penjualan TBS dan CPO, dan berfokus pada pengembangan produk jadi seperti ini. Inilah langkah yang sangat positif,” tegas Presiden. (*)

Example 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *